Jumat, 30 November 2012

Semangkok Kehangatan dari Solo

Soto. Merupakan salah satu makanan favorit saya yang tidak akan saya lewatkan begitu saja. Beberapa waktu lalu saya berkunjung di kota Solo Surakarta, bangun terlalu dini pukul 5 pagi dan dengan perut kelaparan. Salah satu teman yang berada di Solo menawarkan untuk berkunjung di Soto legendaris di kota tersebut, Soto Triwindu. Mendengar kata legendaris saja perut saya pun semakin lapar. Dengan cepat saya mengiyakan.
            Hanya sekitar 10 menit dari Hostel yang berada tepat di belakang Solo Square, kami memasuki kawasan Pasar triwindu, Pasar barang antic yang sangat termashyur tersebut. Awalnya menurut informasi memang soto tersebut berada di sekitar Pasar triwindu, ternyata pindah sedikit agak lebih jauh.








Mobil pun masuk tikungan kecil, kemudian terlihat langsung plang besar bertuliskan “Soto Triwindu” dari seberang jalan. Di kanan kiri-nya berjejer rapi mobil dan motor. Bangunannya tidak begitu besar jika terlihat dari depan, namun jika terus masuk ke dalam maka kita dapat melihat puluhan kursi kayu yang berjejar dari samping hingga kebelakang. Meja yang di desain memanjang, di dalamnya terdapat bermacam-macam tambahan lauk untuk soto, seperti ote-ote udang, tempe bacem dll. Diatas meja juga berjajar macam-macam kerupuk hingga rempeyek. Ah sungguh sangat menggoda selera saat itu. Bergegas saya memesan Soto tentunya dan Es Beras Kencur.






Tanpa menunggu lama pesanan pun datang. Soto yang berkuah bening itu tentu saja berbeda dengan Soto favorit saya yang berkuah Kuning. Tapi jangan di Tanya soal rasa, gurih dan sangat segar, bermacam-macam bumbu jawa  berkolaborasi sempurna memenuhi mulut dengan rasa yang sangat pas saat itu. Taoge besar dan Irisan daging sapi yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal sangat empuk jika di kunyah dan meresap dengan kuahnya. Ramuan yang sangat tepat dalam soal rasa.









Es beras kencurnya apalagi, waah ini beras kencur ter enak dari yang pernah saya minum di manapun. Memakai gula jawa, sehingga manisnya sangat dominan. Tapi tidak kehilangan rasa beras kencur aslinya.
Semangkok Soto Triwindu dengan harga 8000 dan beras kencur 3000 perak. Sangat terjangkau sekali buka. Kita sudah bisa sarapan makanan yang enak dan tentu saja mengenyangkan. Ditambah dengan menikmati Solo dan berbaur dengan masyrakatnya sepagi itu.
Nah, jika kalian berkunjung ke Solo. Jangan lewatkan sarapan di Soto Triwindu ini yah. Apalagi Soto ini termasuk yang legendaris dari kota Solo. Jadi selain makan kita bisa berkenalan langsung dengan budaya dan kuliner aslinya. Akhir kata klise saja, Selamat Makan!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar