Jumat, 22 Juni 2012

Nusa Barong, surga kecil Samudera Hindia #1

Awalnya sama sekali gak kepikiran buat ikutan trip lagi setelah kemarin sempat menghabiskan liburan lama di Jakarta. Apalagi 3 minggu ini adalah waktu-waktu terberat saya menghadapi UAS, sama sekali gak kepikiran. Tapi semua berubah ketika saya sedang membuka twitter dan muncul @NusaBarong di Timeline. Loh ini kan Pulau yang pengen banget saya kunjungin tahun kemarin. Pulau tak berpenghuni diselatan Pulau Jawa, yang berbatasan langsung dengan Austarlia. Salah satu Pulau yang merupakan batas terluar Pulau di Indonesia.
                Dapet itinerary berangkat ke Nusa Barong 17 Juni pukul 6 pagi. Oke gak masalah. Karena awalnya saya memang besoknya gak ada ujian dan bebas acara malam harinya. Saya pun mengiyakan. Setelah H-3 keberangkatan semua berubah, dimulai dari rapat dadakan yang dimulai jam 7 malam, padahal di itinerary kami baru masuk Kota lagi jam 7malam. Disusul kemudian broadcast message yang ternyata Ujian dilaksanakan hari Senin esok harinya, dan ditambah acara Stand Up Comedy The Road Show malam sebelum keberangkatan *sigh*. Saat itu juga saya ingin membatalkan keikutsertaan ke Nusa Barong. Dipikir-pikir lagi, saya yang ngebet banget pengen kesana harusnya dengan halangan macam apapun semua bisa di manage donk. Okesip saya bertekad bulat berangkat.
                Tanggal 17 Juni pagi saya bangun pukul 5 pagi untuk packing dengan kepala yang terasa berat, pusing. Kurang tidur mungkin, karena baru sampai rumah setelah acara Stand Up Comedy sekitar pukul 23.00, dan baru bisa memejamkan mata sekitar jam 2 pagi. Alhasil total hanya 3 jam saya tidur. Mata panda banget, mata semut malah sepertinya.
                Berkumpul dengan peserta lainnya, dan melakukan meeting point. Tepat pukul 07.30 kami berangkat menuju Pantai Puger bersama 10 orang lainnya. Sisanya yang berlima mengendarai motor. Perjalanan menempuh waktu sekitar 1jam perjalanan, cuaca sampai saat itu masih sangat cerah.
  (bersama peserta lainnya)

Sampai di Pantai Puger stelah briefing dan mempersiapkan segala macam, kami siap berlayar. Sebelum berlayar salah satu teman memberi kabar yang sedikit bikin ketar-kerit “kemarin ada kapal karam di Plawangan” Nyali semakin menciut, ditambah lagi “hari ini ombak lagi gede banget, kemungkinan terburuk yang terjadi kita nginep disana”. Saya shock, pucet parah. Tapi masih berusaha enjoy dan percaya bahwa semuanya pasti baik-baik saja. Sebenernya gak maslah sih kalau harus nginep disana, ngebayangin survival bermalam di pulau tak berpenghuni itu pasti bakalan wouw banget.
                Pukul 09.00 kami berangkat berlayar mengarungi samudera hindia, ombaknya masih sekitar 1-2meter belum begitu besar, saya pilih minum Tolak Angin dan bercanda ketawa-ketiwi haha-hihi-hehe bareng peserta lainnya. Setelah perjalanan menempuh 1 setengah jam, kami mulai melihat daratan, tebing yang tinggi dan hutan yang lebat. Subhanallah indah banget.. saya seperti berada diluar indonesia